Senin, 03 Januari 2011

KEPEMIPINAN YANG TER BELENGGU

Kriteria seorang pemimpin pemerintahan harus mengikuti kehendak rakyat banyak yang maunya bisa hidup sejatera terlepas dari jerat kemiskinan.Selain itu seorang pemimpin juga harus memiliki keberanian yaitu berani untuk tidak terbelenggu pada motif- motif politik sempit dan elit politik maupun privat; berani menanggung resiko membela kepentingan strategis bangsa ( rakyat banyak ). Kebewranian ini penting agar sang pemimpin fokus pada kebijakan yang berorientasi kesejahteraan rakyat.
SBY dan Budiono memiliki potensi politik yang kuat ketike memenangkan pilpres pada satu putaran disertai kemenangan partai demokrat sebagai partai pengusung pada pemilu legislatif 2009, ini adalah bentuk kemenangan yang solid. Ditambah lagi terbentuknya koalisi partai pemerintah. Dengan demikian cukup besar potensinya  untuk mencapai tujuan membangun kelembagaan eksekutip yang kuat dan stabil.
Sekarang kenapa yang terjadi ternyata kebalikan dari arus kuat itu ( anti klimaks ), skandal century hanya berahir pada kompromi politik di internal koalisi pemerintah dengan membentuk setgab.

Bercermin pada peristiwa politik di tahun 2010 adalah tahun bencana politik bagi kita semua, ketika sang kepala negara bertubi tubi terbelenggu kepentingan elit politik serta tak mampu bertindak mengawal kepentingan bersama warga bangsa. Sang pemimpin terbelenggu dalam konteks hubungan kelembagaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar